Minggu, 05 November 2017

RKO TKHI PERAWAT



RENCANA KERJA OPERASIONAL
( R K O )




NAMA PETUGAS
:
LULUD SETYADI

JENIS TUGAS
:
TKHI (PERAWAT)
NO KLOTER
:
81 SOC
GELOMBANG
:
II
TANGGAL BERANGKAT
:
22 Agustus 2017
JAM BERANGKAT
:
01.45 WIB



PETUGAS HAJI KLOTER
EMBARKASI ADI SUMARMO SURAKARTA
TAHUN 1438 H / 2017 M






DAFTAR ISI
                                                Halaman
                                               
DAFTAR ISI                                                                                                                             2
PENDAHULUAN                                                                                                                     3
URAIAN RENCANA KERJA OPERASIONAL PETUGAS TKHI  :                                              6
A.     RENCANA KERJA OPERASIONAL PRA EMBARKASI                                                            6
B.      RENCANA KERJA OPERASIONAL DI EMBARKASI                                                               7
C.     RENCANA KERJA OPERASIONAL DI PESAWAT (SAAT KEBERANGKATAN)                      10
D.     RENCANA KERJA OPERASIONAL DI JEDDAH (SAAT KEDATANGAN)                             11
E.      RENCANA KERJA OPERASIONAL DI MAKKAH (PRA WUKUF)                               13
F.       RENCANA KERJA OPERASIONAL DI ARMINA                                                         15
G.     RENCANA KERJA OPERASIONAL DI MAKKAH (PASCA WUKUF)                          18
H.     RENCANA KERJA OPERASIONAL DI MADINAH                                                      20
I.        RENCANA KERJA OPERASIONAL DI MADINAH (SAAT KEPULANGAN)                21
J.        RENCANA KERJA OPERASIONAL DI PESAWAT (SAAT KEPULANGAN)                 22
K.      RENCANA KERJA OPERASIONAL DI DEBARKASI                                                    24
PENUTUP                                                                                                                                26
LEMBAR PENGESAHAN                                                                                                         27












PENDAHULUAN

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena berkat dan karuniaNya atas upaya pelayanan terhadap jamaah haji secara terus menerus dapat dilaksanakan. Solawat dan salam selalu teruntuk Baginda Rosulullah SAW beserta keluarga, para sahabat, tabi’in dan orang-orang yang ikut pada ajaran-ajaran beliau hingga menutup mata. Semoga kita semua dimasukan dalam umat beliau dan mendapatkan syafa’atnya di hari pembalasan. Amin.
Keberadaan para petugas haji kloter ini adalah merupakan amanat Undang-Undang No 13 tahun 2008 Bab II Pasal 5 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya melalui sistem manajemen penyelenggaraan yang baik. Salah satu tugas tenaga kesehatan haji Indonesia ( TKHI ) adalah mendampingi dan pemberi pelayanan khususnya dalam bidang kesehatan mulai praembarkasi sampai di debarkasi sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama serta jemaah haji dapat melaksanakan  ibadah haji secara mandiri dan kesehatannya terpantau dengan harapan menjadi haji yang mabrur.
Pada tahun 2017 M / 1438 H ini sejak mulai pendaftaran dengan system yang baru dan pelatihan dengan materi pelatihan dengan penekanan pada soft skil, yang mana pendekatan pada jemaa’ah akan lebih manusiawi dan tidak hanya dengan pendekatan medis klinis semata.
a.      Tujuan penyusunan Rencana Kerja Operasional ini antara lain :
1)     Sebagai panduan petugas dalam melaksanakan kegiatan sehari – hari
2)     Sebagai tolok ukur tingkat keberhasilan kinerja petugas TKHI
3)     Memudahkan dalam bimbingan dan pelayanan terhadap jema’ah
4)     Jema’ah haji dan petugas dapat memahami rangkaian ibadahnya
b.      Uraian tugas Rencana Kerja Operasional secara garis besar sebagai berikut:
1)     Rencana Kerja Operasional Pra Embarkasi
2)     Rencana Kerja Operasional di Embarkasi
3)     Rencana Kerja Operasional di Pesawat (saat keberangkatan)
4)     Rencana Kerja Operasional di Jeddah (saat keberangkatan)
5)     Rencana Kerja Operasional di Makkah (pra Wukuf)
6)     Rencana Kerja Operasional di Armina
7)     Rencana Kerja Operasional di Makkah (paska Wukuf)
8)     Rencana Kerja Operasional di Madinah
9)     Rencana Kerja Operasional di Madinah(saat kepulangan)
10)Rencana Kerja Operasional di Pesawat (saat kepulangan)
11)Rencana Kerja Operasional di Debarkasi

Selanjutnya kami selaku petugas haji yang menyertai jema’ah haji (Gelombang II ) tahun 1438 H/2017 M jemaah haji Kloter 81 SOC yang meliputi 76 jema’ah asal Kabupaten Sragen dan 279 jema’ah yang berasal dari Kabupaten Klaten berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi jemaah haji.
Dalam upaya mewujudkan peningkatan pelayanan bagi jema’ah haji embarkasi Surakarta ( SOC ) gelombang II Kloter 81 tahun 1438 H / 2017 M maka sebagai petugas kloter mempunyai tugas dengan komitmen bersama yaitu :

“ MEMBERIKAN BIMBINGAN, PELAYANAN DAN PERLINDUNGAN KEPADA JEMAAH HAJI “

Yang dalam penjabarannya meliputi melayani jemaah haji secara profesional dengan mengembangkan sifat :
·           Integitas
·           Profesionalitas
·           Tanggungjawab
·           Keteladanan
·           Inovatif
·           Sigap
·           Handal
·           Amanah
·           Responsive
·           Inisiatif

Dan dalam melayani jemaah haji dengan menghindari sifat :
·           Khianat
·           Malas
·           Egois
·           Putusasa
·           Sombong
·           Jumud

Dengan mempunyai Rencana Kerja Operasional (RKO) yang baik dan memegang teguh komitmen yang ada, Insya Allah pelayanan yang akan diberikan dapat memuaskan dan sesuai dengan harapan semua pihak terutama dalam hal ini  para jemaah haji.
Demikian atas segala kekurangan harap dimaklumi dan dimaafkan serta atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih.


Boyolali, 28 Juli 2017
Petugas TKHI Kloter 81 SOC



Lulud Setyadi








URAIAN RENCANA KERJA OPERASIONAL PETUGAS TKHI 
Hari/Tgl/
Jam
Lokasi
Uraian Tugas
Kordinasi
Antisipasi Kasus
A.   RKO PRA EMBARKASI
21 Juni 2017 sampai dengan
15 Agustus 2017
PRA EMBARKASI
1.      Melakukan integrasi dengan petugas yang ada untuk memperoleh jadwal pembinaan calon jemaah haji
2.      Memperkenalkan diri pada Ka Ru / Ka Rom pada waktu pembina-an di daerah Kabu-paten Sragen dan Klaten
3.      Mendeteksi secara dini calon jemaah haji yang termasuk golongan resiko ting-gi, observasi dan mandiri
4.      Mengingatkan kepada calon jemaah haji tentang kelengkapan dokumen kesehatan (BKJH) dan obat yang perlu dibawa
5.      Berperan dalam pembinaan calon jemaah haji dengan memberikan penyuluhan kesehatan yang meliputi : persiapan sebelum keberangkatan, kesehatan fisik dan mental, penyakit yang sering terjadi di seputar ibadah haji dan cara penanggulangannya

6.      Melakukan integrasi dengan petugas kloter yang lain dan membuat rencana kerja operasional bersama
7.      Koordinasi terakhir pra embarkasi de-ngan para petugas terkait


Depag, Team Kloter, TPHI, TPIHI, TKHD, TPHD, KaRu, KaRom
Persiapan Berkas & Paspor


TKHI, KaRu, KaRom
Obat-obatan Emergency


TKHI, TPHI, TPIHI, KaRu, KaRom



Ahad,
20 Agustus  2017
17.00 WIB
WISMA ARMINA
1.      Melaporkan kedatangan kepada petugas

Team PPIH, TPHI, TPIHI






Ahad,
20 Agustus  2017
19.30 WIB
1.      Konsolidasi dengan semua petugas kloter
2.      Menerima penjelasan dan pembinaan dari petugas PPIH Embarkasi
- Petugas kloter
-PPIH Embarkasi
Petugas datang terlambat

B.    RKO DI EMBARKASI

Senin,
21 Agustus  2017
04.00
Embarkasi
(Asrama Haji Donohudan)
GedungJedah
1.        Dijemput menuju gedung Jedah / Embarkasi
2.        Melapor kepada PPIH Embarkasi
3.        Menyerahkan Rencana Kerja Operasional (RKO)
4.        Mengambil formulir laporan TKHI dan berkas yang lain yang akan dibawa ke arab saudi
5.        Melakukan persiapan untuk penyambutan calon jemaah haji di embarkasi



Senin,
 21 Agustus 2017
06.00
EMBARKASI
(Asrama Haji Donohudan)
Gedung  Jedah
1.      Menyambut kedatangan para calon jemaah haji dan memperkenalkan diri ke jemaah kloter 81
2.      Membantu petugas PPIH bidangkesehatan dalam pemeriksaan akhir kesehatan calon jemaah haji
3.      Memantau calon jemaah haji beresiko tinggi dan mengecek kelengkapan pengisian buku kesehatan termasuk pengisian lembar obat dan lembar vaksinasi Meningitis
4.        Menandatangani lembar catatan obat di BKJH dan stempel
5.        Meminta pengesahan catatan obat TKHI kepada dokter embarkasi
6.      Mengikuti rapat pemantapan KaRu dan KaRom yang diseleng-garakan oleh PPIH embarkasi
7.      Menginformasikan kepada para calon jemaah haji tentang Balai Pengobatan yang disediakan oleh PPIH embarkasi
8.      Menganjurkan agar calon jemaah haji ikut menjaga kebersihan lingkungan asrama





Senin,
21 Agustus  2017
13.00 WIB sampai selesai

EMBARKASI
(Asrama Haji Donohudan)
Gedung  Jedah

1.      Mengikuti rapat pemantapan KaRu dan KaRom yang diseleng-garakan oleh PPIH embarkasi
2.      Menganjurkan agar calon jemaah haji ikut menjaga kebersihan lingkungan asrama
3.      Membantu pembagian Living Cost, Gelang Identitas dan Kartu Makan kepada calon jemaah haji melalui KaRu dan KaRom
4.      Melaksanakan pengamatan penyakit kepada calon jemaah haji terutama kewas-padaan terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB)
5.      Meminta manifest bagi calon jemaah haji yang beresiko tinggi dari petugas PPIH dan memantaunya


Selasa,
22 Agustus  2017
00.15 WIB
EMBARKASI
(Asrama Haji Donohudan)
Gedung Muzdalifah
1.      Membantu calon jemaah haji dalam pemeriksaan barang bawaan dan doku-men sebelum berang-kat (persiapan menu-ju bandara)
2.      Membantu mengarahkan para calon jemaah haji dalam memasuki bus menuju bandara
3.      Memantau kesehatan calon jemaah haji terutama yang risti




C.   RKO DI PESAWAT ( PEMBERANGKATAN )
Selasa,
22 Agustus  2017
01.45WIB
PESAWAT
(Saat Keberangkatan)
1.      Membantu naik dan duduk di pesawat terutama yang risti
2.      Mengenalkan diri kepada crew pesawat terutama “ Puser “ dan mengecek perse-diaan / kelengkapan obat dan alat kesehat-an di pesawat
3.      Memberikan penyuluhan terhadap jemaah haji tentang penggunaan toilet di pesawat terbang dan fasilitas yang ada
4.      Memberikan pengobatan kepada jemaah haji yang sakit di pesawat dan mencatat di buku kesehatan
5.      Memantau jemaah haji yang beresiko tinggi
6.      Memberikan penyuluhan tentang masalah penerbangan jarak jauh dan penanganannya
7.      Mengajarakan senam DVT pada calon jemaah haji
8.      Visitasi calon jemaah haji
9.      Mencatat obat/alat kesehatan yang dipakai dipesawat dalam formulir untuk laporan kpda pihak penerbangan
10.  Menginformasikan kepada “ Puser “ apabila ada jemaah haji yang gawat atau meninggal dunia di pesawat
11.  Membuat verifikasi AV bila ada jemaah haji yang meninggal dunia di pesawat
12.  Mencatat jemaah haji yang perlu berobat ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia ( KKHI )  Jeddah(laporan kesehatan)
13.  Membantu TPHI dalam mengumpul-kan sobekan lembar-an paspor (Lembar “D”)
14.  Mengecek makanan / catering sebelum dibagikan ke jemaah haji
Team Kloter, KaRu, KaRom, TKHD, TPIHD, TPHD, Crew Pesawat
TPHI, TPIHI, KaRu, KaRom

1. siapkan obat darurat yang di pesawat tidak ada
2. jemaah haji yang mabuk di perjalanan diberikan obat anti mabuk
3. bila ada jemaah haji yang pusing berikan obat paracetamol
4. sarankan kepada jamaah haji untuk tidak menunda makan

D.   RKO DI JEDDAH (KEDATANGAN)

Selasa,
22 Agustus  2017
09.30 WAS
BANDARA KING ABDUL AZIZ, JEDDAH
Di Ruang Tunggu
1.      Membantu jemaah haji turun dari pesawat terutama yang risti
2.      Memantau keadaan kesehatan jemaah haji terutama pada jemaah haji resiko tinggi selama pemeriksaan dokumen oleh petugas imigrasi Arab Saudi
Di Tempat Istirahat
1.      Melaporkan keadaan kesehatan jemaah haji ke  Kantor Kesehatan Haji Indonesia ( KKHI )  Jeddah
2.      Mengambil obat-obatan dan alat kesehatan (tas kloter) di  KKHI  jeddah / sektor bandara serta mengecek kelengkapannya
3.      Memantau kesehatan jemaah haji
4.      Melayani jemaah haji yang sakit dan merujuk ke  KKHI
5.      Memberikan penyu-luhan kesehatan kepada jemaah haji terutama kebersihan perorangan dan lingkungan
6.      Memantau kemung-kinan terjadinya KLB (Kejadian Luar Biasa)
7.      Mengecek makanan / catering sebelum dibagikan ke jemaah haji
8.      Melakukan Miqot Umrah
Persiapan berangkat ke Makkah
1.      Menyiapkan diri sholat 2 rakaat dan niat ihrom serta memakai pakaian ihrom
2.      Membekali obat-obatan ringan kpda Karu/karom untuk persediaan selama perjalanan ke Makkah
3.      Mengecek kesehatan jamaah haji melalui KaRu / KaRom terutama jamaah haji resiko tinggi (“Resti”)
4.      Memastikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji yang sakit
Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD
sektor
Menghimbau kepada jemaah haji untuk memakai masker dan minum yang banyak
E.    RKO DI MAKKAH(PRA WUKUF)

Selasa
22 Agustus  2017
19.45.00 WAS
MAKKAH
(Tiba Di Makkah)
1.      Membantu jemaah haji turun dari bus terutama yang beresiko tinggi
2.      Bersama TPHI minta kepada Maktab untuk mendapatkan tempat / ruangan pelayanan kesehatan jamaah haji
3.      Memantau kondisi kesehatan jemaah haji dan mengobati jika ada yang sakit serta bila perlu merujuk ke Sektor disertai pencatatan
4.      Melaporkan kondisi jemaah haji kepada Sektor
5.      Thawaf Umrah
Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD

Petugas Maktab, Petugas Sektor
Jamaah haji dihimbau minum yang banyak
Selasa,
22 Agustus  2017
Sampai
28 September 2017
00.00 WAS
MAKKAH (Selama di Makkah)
1.      Memberikan pela-yanan kesehatan ke-pada para jemaah haji
2.      Mengadakan visitasi jemaah haji guna memantau kondisi kesehatan jemaah haji
3.      Menginformasikan lokasi pelayanan kesehatan kloter 81 SOC kepada jemaah haji
4.      Memberikan penyu-luhan kesehatan tentang Heat stroke, gizi, kesehatan ling-kungan dan menjaga kondisi kesehatan
5.      Merujuk jemaah haji yang sakit yang tidak bisa ditangani di kloter ke  KKHI/ RSAS
6.      Membuat dan menyampaikan laporan harian ke Sektor melalui android
7.      Mengecek serta melengkapi formulir pencatatan pelaporan dan obat-obatan / alat kesehatan
8.      Membuat AV apabila ada jemaah haji yang meninggal dunia
9.      Mengikuti rapat koordinasi bila ada

Menempel pamflet /leaflet lokasi pos kesehatan di tempat – tempat yang strategis
Ahad, 23Agustus 2017
13.00 WAS
MAKKAH
PRA ARMINA
(7 Hari Sebelumnya)
1.      Bersama Team Kloter melakukan orientasi tempat ke Armina
2.      Mendata jemaah haji yang sakit yang akan disafari-wukufkan
3.      Melaporkan jemaah haji yang akan disafari-wukufkan ke Sektor 7 hari sebelum keberangkat-an ke Arafah
4.      Meningkatkan pemantauan dan penyuluhan kepada jemaah haji
5.      Menyiapkan obat-obatan / alat kesehatan, jika perlu anfragh obat untuk kebutuhan di Armina
Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD TKHD, Sektor
Jemaah haji harus banyak minum


Menjaga kondisi kesehatan
Rabu, 30 Agustus 2017
06.00 WAS
MAKKAH (Persiapan ke Armina)
1.      Memantau kesehatan jemaah haji
2.      Membantu jemaah haji naik bus ter-utama yang beresiko tinggi
Koordinasi antar TKHI, TKHD untuk membagi tugas di bus secara terpisah
Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD TKHD, Sektor
Jemaah haji harus banyak minum


Menjaga kondisi kesehatan
F.    RKO DI ARMINA

Rabu, 30Agustus 2017
jam
10.00 WAS
Sampai
Kamis, 31 Agustus 2017
jam
19.00 WAS
 (9 Dzulhijjah)

ARAFAH
(Tiba di Arafah & Wukuf)
1.      Membantu jemaah haji turun dari bus terutama yang beresiko tinggi dan membantu menuju kemah
2.      Melaporke SATOP Arofah ttng kondisi kesehatan jemaah haji
3.      Memantau dan mengobati jemaah haji yang sakit
4.      Merujuk jemaah haji sakit yang tidak bisa diatasi sendiri ke KKHI, atau ke RSAS
5.      Melaksanakan penyuluhan kesehatan tentang Heat Stroke dan pencegahannya PHBS
6.      Visitasi jemaah haji terutama lansia  dan risti
7.      Mengecek makanan / catering sebelum dibagikan ke jemaah haji
8.      Membuat laporan harian dan diserah-kan ke petugas PPIH Arab Saudi di Arafah
9.      Meningkatkan kewaspadaan terjadi- nya Kejadian Luar Biasa (KLB)
10.  Membuat AV jika ada jemaah haji yang meninggal dunia
Team Kloter, TPHD, TKHD


Maktab
Menjaga kondisi kesehatan dan minum yang banyak
Kamis, 31 Agustus 2017
jam
18.00 WAS
 (9 Dzulhijjah)
ARAFAH
(Persiapan Ke Muzdalifah)
1.        Membantu jemaah haji menaiki bus terutama yang beresiko tinggi
2.        Mengecek jemaah sebelum meninggalkan Arofah
3.        Membagi TKHI dan TKHD di bus yang berlainan dan memantau kesehatan para jemaah haji



Kamis, 31 Agustus 2017
jam
21.00 WAS
9 Dzulhijjah
MUZDALIFAH
1.      Membantu jemaah haji turun dari bus terutama yang beresiko tinggi
2.      Memantau kesehatan jemaah haji
3.      Memberikan pengo-batan pada jemaah haji yang sakit
4.      Memberikan penyu-luhan kesehatan ten-tang menjaga kese-hatan dan lingkungan terutama mewaspadai suhu udara yang dingin
5.      Mengambil batu kerikil untuk melem-par jumrah
6.      Menghimbau jemaah haji jangan terlalu jauh dri rombongan saat mencari kerikil
Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD
Udara dingin

MUZDALIFAH (Persiapan Ke Mina)
1.      Membantu jemaah haji menaiki bus terutama yang beresiko tinggi
2.      Membagi TKHI dan TKHD di bus yang berlainan



Jum’at,
1 September
08.00 WAS

(10 Dzulhijjah)
MINA
(Saat Tiba Dan Selama Di Tenda)
1.      Melaporkan kepada petugas Sektor / PPIH di Mina tentang kondisi kesehatan jemaah haji
2.      Mengobati atau merujuk jemaah haji yang sakit ke KKHI / RSAS
3.      Visitasi jemaah haji terutama yang risti
4.      Melaksanakan penyuluhan kesehatan tentang Heat Stroke -pencegahannya,PHBS dan kebersihan lingkungan
5.      Membantu menyiap-kan Surat Kematian bagi jemaah haji yang meninggal dunia di kemah (COD) dan membuat AV
6.      Meningkatkan kewaspadaan terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB)
7.      Mengecek makanan / catering yang akan dibagikan ke jemaah haji
8.      Membuat laporan harian ttng kesehatan jemaah,obat2an dan alkes
9.      Memantau sanitasi / sampah
Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD
Maktab
1. Membawa bekal makanan
2. Menghimbau jemaah haji untuk tidak mengambil waktu afdhal
3. Banyak minum
4. Jangan menunda makan
5. Sampah sisa makanan yang menumpuk dibersihkan
Jum’at, 1 September 2017
Sampai dengan Senin4 September 2017
09.00 AS
(10, 11, 12, 13 Dzulhijjah)
MINA (Jamarat)
1.        Melontar jumrah dan membantu pengaturan jemaah haji melempar jumrah Ula, Wustha dan ‘Aqabah
2.        Menyertai jemaah haji dalam melempar jumrah secara ber-gantian
3.        Memantau kesehatan jemaah haji khusus-nya yang beresiko tinggi

Kelelahan
Senin4 September 2017
09.00 WAS
13 Dzulhijjah)
MINA (Persiapan Ke Makkah)
1.      Mengatur jemaah haji untuk kembali ke Makkah setelah sele-sai kegiatan di Mina baik Nafar Awwal maupun Nafar Tsany bersama petugas  kloter
2.      Mengawasi dan mengecek jemaah haji supaya tidak ada yang tertinggal dari rombongan
3.      Melaporkan ke PPIH jika akan mening-galkan Mina menuju ke Makkah
TPHI, TPIHI, KaRu, KaRom

G.   RKO DI MAKKAH (PASCA WUKUF)

Senin, 4 September 2017
13 Dzulhijjah)12.00 WAS

MAKKAH
(Tiba Di Makkah)
1.      Melaporkan kepada petugas Sektor ten-tang kondisi kesehat-an jemaah haji
2.      Mencatat pemakaian obat-obatan dan melaporkan ke Sektor
3.      Anfragh obat-obatan ke Sektor atau langsung ke Daker
4.      Merujuk ke KKHI / RSAS apabila ada penderita yang tidak bisa diatasi di kloter
5.      Memantau kondisi kesehatan jemaah haji, visitasidan mem-buat laporan harian penderita (jemaah haji)
6.      Mengirim laporan harian ke Sektor
7.      Mengobati penderita dan memantau keja-dian jamaah haji mengenai kemung-kinan Kejadian Luar Biasa (KLB)
8.      Mengadakan penyu-luhan kesehatan
9.      Memantau kesehatan jemaah haji setelah Thawaf Ifadah
10.  Melaporkan kepada Sektor untuk jamaah yang perlu dipulang-kan dini



Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD, Petugas Maktab
















Sektor


Jaga Kesehatan
ISPA
Diare


MAKKAH
(Akan Ke Madinah / Persiapan Ke Madinah)
1.        Sebelum meninggalkan Makkah melakukan Thawaf Wada’
2.        Pengecekan kesehatan jemaah haji melalui Ketua Regu dan Ketua Rombongan
3.        Pengecekan pelayanan kesehatan dan obat-obatan
4.        Melaporkan ke Sektor tentang kepindahan ke Madinah
5.        Memberikan pelayanan kesehatan bagi jemaaah haji yang sakit
6.        Melaporkan jemaah haji yangmasih dirawat di RSAS dan KKHI ke Sektor

Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD

H.   RKO DI MADINAH





Rabu, 20 September 17.00 WAS
sampai
29 September  2017 05.00 WAS





MADINAH (Saat  tiba dan selama di madinah)








1.      Melaporkan ke Sektor tentang kondisi jemaah haji ke Sektor madinah dan meminta ttd pada buku  laporan
2.      Menyampaikan laporan dan meminta obat-obatan ke Sektor
3.      Visitasi jemaah haji terutama yang risti
4.      Merujuk jemaah haji yang sakit yang tidak bisa diatasi di kloter ke KKHI / RSAS
5.      Penyuluhan PHBS,Cuaca dan kesehatan lingkungan
6.      Menginformasikan lokasi Pos Kesehatan Kloter kepada jemaah haji
7.      Mengobati jemaah haji sakit dan melakukan pencatatan serta membuat laporan harian
8.      Mengecek makanan catering
9.      Membuat AV apabila terjadi jemaah haji yang meninggal dunia
10.  Melakukan sholat  Arba’in



Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD, Petugas Maktab


·      Memakai peralatan tebal / masker
·      Banyak minum hangat dan buah
·      Mandi cukup 1 (satu) kali sehari
·      Jatah makanan catering segera dimakan
I.     RKO DI MADINAH (Saat Kepulangan)

Jum’at, 29 September 2017 05.00 WAS
MADINAH (Dihotel persiapan pulang)
1.    Pengecekan kesehatan jemaah haji melalui KaRu, KaRom, serta Visitasi rutin
2.    Pengecekan alat kese-hatan dan obat-obatan bagi jemaah haji yang sakit
3.    Melaporkan jemaah haji yang masih dirawat di RSAS dan KKHI ke Sektor dan meminta bukti
4.    Melaporkan ke Sektor tentang kepulangan
5.    Melaporkan ke Sektor tentang kondisi jemaah haji yg masih dirawat di KKHI atau RSAS dan meminta bukti
6.    Memantau kondisi kesehatan jemaah haji
7.    Melaksanakan pengamatan penyakit kemungkinan terja-dinya Kejadian Luar Biasa (KLB)
8.    Mencatat dan melaporkan sisa obat obatan ke KKHI
9.    Mengobati jemaah haji yang sakit jika perlu merujuk ke KKHI
10.              Serah terima obat dan alat kesehatan








Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD, Petugas Sektor
BPHI
·       Banyak minum, memakai masker
·       Catatan medis dan obat-obatannya
·       Meningistis
·       influenza








Ahad, 1Oktober 2017 08.00         WAS
MADINAH
(Di Bandara)
1.      Membantu dan mengatur kelancaran jemaah haji turun dari bus
2.      Memantau kese-hatan jemaah haji terutama jemaah haji yang beresiko tinggi (Resti)
3.      Mengusahakan jemaah haji “ Risti ” berdekatan dengan petugas selama menunggu di Bandara
4.      Mengecek catering sebelum dibagikan ke jemaah haji
5.      Memantau kemungkinan terjadinya KLB (Kejadian Luar Biasa)
6.      Meminta obat seperlunya untuk persiapan di Pesawat
7.      Membantu jemaah  saat pemeriksaan imigrasi terutama lansia






Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD



Kelelahan


Makan jangan ditunda
J.     RKO DI PESAWAT(Saat Kepulangan)
Ahad, 1Oktober 2017
08.35 WAS
PESAWAT
(Saat Kepulangan)
1.      Membantu jemaah haji naik pesawat dan perkenalan dengan crew pesawat
2.      Mengecek obat-obatan dan memeriksa peralatan kesehatan di pesawat
3.      Memberikan pengobatan/visitasi kepada jemaah haji yang sakit di pesawat dan mencatat di BKJH
4.      Mencatat jemaah haji yang sakit pada formulir pengamatan penyakit di pesawat untuk diserahkan kepada KKP Debar-kasi Indonesia (Laporan Penerbangan)
5.      Membantu laporan obat yang terpakai di pesawat untuk di serahkan kpda crew pesawat
6.      Mengingatkan agar Kartu Kuning K3JH dikirim ke Puskesmas setempat setelah 14 hari tiba di daerah asal
7.      Membantu TPHI mengumpulkan sobekan lembar pasport (lembar Debarkasi)
8.      Mengecek catering sebelum dibagikan ke jemaah haji
9.      Memantau kemungkinan terjadinya kejadian Luar Biasa (KLB)
10.  Melaporkan jumlah dan kondisi kesehatan jemaah haji kepa-da Team Kesehatan Debarkasi (Laporan Penerbangan)


Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD, Crew Pesawat


Istirahat cukup




Makan jangan ditunda
Ahad, 1Oktober 2017
23.00 WIB
PESAWAT
(Menjelang Pendaratan)
1.        Melaporkan kepada Phuser 2 (dua) jam sebelum mendarat jika ada jemaah haji yang sakit atau meninggal dunia agar disampaikan ke petugas bandara
2.        Menyampaikan kata perpisahan kepada Jemaah dan permintaan maaf jika ada kekurangan selama memberikan pelayanan dan pendampingan terhadap Jemaah haji dengan harapan disambung saling silaturahmi setelah ini
Team Kloter, Crew Pesawat

Senin, 2Oktober 2017
01.05 WIB
Di Bandara
Adi Sumarmo SOLO
1.    Membantu jemaah haji turun dari pesawat dan membantu naik bis ke Asrama haji dengan tertib, diutamakan lebih dahulu orang yang sakit, udzur, jamaah perempuan kemudian jemaah laki-laki sambil mengawasi keadaan jemaah




K.   RKO DI DEBARKASI
Senin,
2 Oktober 2017
02.30WIB
DEBARKASI
(Asrama Haji Donohudan)
1.      Membantu jemaah haji turun dari bis dengan tertib, diutamakan lebih dahulu orang yang sakit, udzur, jamaah perempuan kemudian jemaah laki-laki
2.      Melaporkan jumlah jemaah haji dan kondisi kesehatan jemaah haji kepada Team Kesehatan Debarkasi (KKP)
3.      Merujuk jemaah haji yang sakit di poliklinik Debarkasi
4.      Menyerahkan Buku Laporan Tugas PPIH setempat (Seksi Pemantau Petugas)
5.      Menghimbau ke jemaah haji agar menyiapkan BKJH dan lembar K3JH yang akan distempel oleh petugas KKP yang kemudian akan dise-rahkan oleh jemaah haji ke Puskesmas setempat 2 minggu setelah kepulangan
Team Kloter, KaRu, KaRom, TPHD, TKHD, Crew Pesawat, Petugas Debarkasi













PENUTUP


Demikian Rencana Kerja Operasional (RKO) ini yang kami buat. Kami berharap semoga Rencana Kerja Operasional (RKO) petugas yang mendampingi calon jemaah haji Kabupaten Sragen dan Kabupaten Klaten Kloter 81 SOC (Gelombang II) Tahun 1438 H / 2017 M ini dapat menjadi asuhan / pedoman kerja petugas kloter Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) selama bertugas baik petugas yang berasal dari pusat maupun petugas daerah.
Tentu kesempurnaan Rencana Kerja Operasional (RKO) ini jauh dari yang diharapkan, masih banyak kekurangan serta kelemahannya. Untuk itu kami mohon kritik dan saran kepada Bapak / Ibu Fasilitator untuk dapat melengkapi dan menyempurnakan sehingga dapat sesuai dengan yang diinginkan bersama.
Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala meridloi serta memberikan kemudahan kepada kami didalam melaksanakan tugas mendampingi jemaah haji khususnya kloter 81 SOC yang berasal dari Kabupaten Sragen dan Kabupaten Klaten dengan demikian para jemaah haji dapat melaksanakan ibadahnya dengan baik dan lancar. Dan mudah-mudahan kinerja kami pun dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT serta mendapatkan haji yang Mabrur. Amin.



Boyolali, 28 Juli 2017
Petugas TKHI



Lulud Setyadi



LEMBAR PENGESAHAN



Rencana Kerja Operasional (Individual) disusun sebagai Pedoman dalam pelaksanaan tugas pendampingan pada jemaah haji khususnya di bidang pelayanan kesehatan





Fasilitator
                                            




Bidin............................................
Boyolali, 21Agustus 2017
Petugas TKHI



Lulud Setyadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RKO TKHI PERAWAT

RENCANA KERJA OPERASIONAL ( R K O ) NAMA PETUGAS : LULUD SETYADI JENIS TUGAS : ...